Hasta Brata

Hasta Brata
Dikirim oleh Matheus Haryanto Ke Mailing Diskusi Gantharwa.


1. Mahambeg Mring Kismo Seorang pemimpin diharapkan memiliki watak seperti bumi, yang murah dan penuh kasih sayang, menerima segala tumpahan dan keluhan, memberikan sarana hidup, tak banyak menuntut, serba bermanfaat


2. Mahambeg Mring Warih, Sebagai pemimpin diharapkan memiliki sifat-sifat keutamaan seperti air dapat menyesuaikan diri dimana tempat berada, memberikan kesejukan kepada siapapun sehingga rakyat merasa adhem ayem kadyo siniram banyu sawindu lawase.


3. Mahambeg Mring Samiranam, Sebagai pemimpin diharapkan memiliki sifat – sifat keutamaan seperti Angin, selalu ada di mana – mana di setiap tempat, adil tidak membeda – bedakan, tidak segan untuk meneliti kehidupan rakyatnya, memberikan rasa nyaman / kesejukan.


4. Mahambeg Mring Candra Sebagai pemimpin diharapkan memiliki sifat sifat keutamaan seperti Bulan mampu memberikan penerangan, memberi keindahan, adil bagi semua orang memberikan petunjuk dan menyelesaikan segala masalah, menerangi rakyatnya yang sedang susah, sperti bulan yang menerangi gelapnya malam.


5. Mahambeg Mring Surya Sebagai pemimpin diharapkan memiliki sifat – sifat keutamaan seperti Matahari memberi penerangan, sinarnya menghidupkan, selalu memberi tiada berharap untuk kembali, adil, tidak pilih kasih, seperti matahari menerangi bumi.


6. Mahambeg Mring Samodra Sebagai pemimpin diharapkan memiliki sifat – sifat keutamaan seperti Laut / Samudra hati dan pikiran dapat menerima apapun kesabaran dan kasih sayang yang tak terbatas mengayomi dan memberikan keindahan yang membahagiakan


7. Mahambeg Mring Wukir pemimpin diharapkan memiliki sifat – sifat keutamaan yang kuat, kukuh, konsisten, menepati janji, teguh dalam prinsip, tidak mudah ganti pendirian, sabdanya sebagai aturan, perilaku menjadi contoh, setia pada tempatnya


8. Mahambeg Mring Dahana Sebagai pemimpin diharapkan memiliki sifat – sifat keutamaan seperti Api mampu membakar semangat, tegas, hangat memberantas angkara murka, membumihanguskan segala kejahatan

note: gambar by Doing Good

Categories: Kejawen | 9 Komentar

Navigasi pos

9 thoughts on “Hasta Brata

  1. matur sembah nuwun🙂

  2. priyo

    hastabroto kedah manunggal ing sak sawijing ati manungso,supados manungso biso ngendalekno howo nefsu ingkang mboten sae,,k

  3. sikapsamin

    Salam pitepangan dumateng para pinisepuh ingkang nggadahi blog punika, ugi kagem para kadang kinasih sedayanipun.
    Mugi panjenengan sami, tansah pinayungan kanugrahan, karaharjan tuwin karahayon saking Gusti Hyang Murbeng Dumadi…….

    (Salam Sejati. Red)

    Rahayu…

  4. Nur Utomo

    Pada dasarnya apa dan bagaimana “hasta brata” itu baik untuk diketahui dan dilakukan oleh siapa pun yang mengetahuinya. Sekiranya ada yang mengetahui dokumen yang asli, mohon diterbitkan di forum diskusi ini, sehingga semua kadhang menjadi semakin tahu apa dan bagaimana hasta brata sesungguhnya.

    Kami tunggu kiriman dokumen hasta brata yang asli, kadhang Prabu Parikesit….

    Wassalam,
    Nur Utomo ~ Jogja

  5. Prabu Parikshit

    Hasta bratha yang asli tidak seperti itu. Itu cuma akal logika saja, dan juga yang membuatnya buruk, akal logika itu kembali disalahkan untuk mengikuti kemauan sendiri.

  6. samudi

    mantab gan….tolong segera kirimimsteri pelstihanya gan

  7. elok rahmawaty

    Mugi GUSTI enggal paring PEMIMPIN ingkang kados mekaten. Amargi tanpo pemimpin ingkang kados mekaten, mokal kito sedoyo saget MEMAHAYU HAYUNING BAWONO..

  8. feri

    nopo sing di sapakne niku saget to dados ugeman sedoyo sedulur, sekedik tapi manfaate ageng mas….

    matur suwun sak dereng

  9. tegoehkusuma

    maturnuwun wewaler-pangelingipun. namun bukan berarti selalu menuntut hanya kepada sang pemimpin semata, SEMOGA demikian pula adanya bagi setiap komponen bangsa yang berperan sebagai “pendamping” hingga yg berada “di balik layar” sang pemimpin, dan bukan malah justru “ngathok nggamblong nggarong” di balik ketiak sang pemimpin….. SEMOGA.

    sungkem wiludjeng _/\_
    salam sedjati.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: