Bagaimana Tahu Cerah

Suatu siang hari minggu, di padepokan..

DG: Pak Joko kalau bicara suka buat orang bingung aja…

JL: Bingung itu tandanya Klik mau cerah mas… (sambil nyengir)😀

DG: Maksudnya gimana Pak?

JL: Saat seorang menganggap dirinya Bingung, dia akan mencari untuk tidak bingung, mas..

DG: wah.. gak ngerti pak.. belum nyampai kali saya..

JL: Sampai ke mana, mas?, wong dari tadi mas dengan saya ada disini saja..😀

DG: he…he…he… bapak bisa aja… oh iya Pak, bagaimana kita mengetahui seorang guru telah tercerahkan atau mencapai pencerahan?

JL: Kenapa mas? kok tanya itu?

DG: iya.. pengen niru saja, kalau tahu kan, pak?

JL: gini mas… ingat pelajaran tentang guru dan murid? dan nasehat yang di berikan kepada murid? “hai murid.. ikuti ajaran gurumu, tapi jangan kau ikuti teladannya” itu nasehatnya dan penjabarannya, masih ingat kan?

DG: ingat pak…

JL: Nah.. mas david.. apa yang telah di ajarkan, lakukan saja.. misalnya suruh meditasi, iya lakukan saja.. sampai pada tahap tertentu, mas akan sendiri melihat tanda ternyata seorang guru mencapai cerah atau tidak.

DG: Apa tandanya pak?

JL: he…he…he… tandanya gampang.. ” Saat mas sudah mencapai pencerahan, dan melihat guru itu ternyata tidak berada dimana-mana, tapi RASA yang ada didalam dirimu akan bersyukur karena bisa ketemu dengannya. Mas akan menghargai sepenuh hati kepada guru..”

DG: maksudnya gimana pak? “tidak berada dimana-mana?”

JL: ingat tema suro yang lalu? (sambil membuat tanda) ~ ingat ini mas?

DG: iya pak.. “tak berhingga”

JL: iya itu.. “iyo ngono kuwi” 😀😀😀 :))

DG: :-B (bingung)

JL: 😀 dimakan singkongnya mas…

Salam Sejati

“Siapa yang bersungguh-sungguh,
akan menemukan yang dicarinya”

Categories: Serba Serbi | 39 Komentar

Navigasi pos

39 thoughts on “Bagaimana Tahu Cerah

Comment navigation

  1. ratanakumaro

    Rahayu Bp.Dodo Yogya,

    Maturnuwun😉

    Salam Tentrem Rahayu…😉

  2. Dodo~YOGYA

    Termakasih Saudaraku Mas RatnaKumara….
    Disimak ….blognya ,….

    Salam sejati

  3. ratanakumaro

    Dear all brothers and sisters,
    Dear Kadhang Gantharwa,
    Salam Hormat untuk Anda semuanya😉

    Saya ada artikel yang baru saya tulis dan posting di blog saya, mengenai PENCERAHAN.

    Semoga Bermanfaat😉

    Salam Damai dan Cinta Kasih,

    “ Sabbe Satta Avera Hontu, Abyapajja hontu, Anigha Hontu, Sukhi attanam Pariharantu “
    ( “Semoga semua makhluk bebas dari permusuhan, kemauan jahat, dan terlepas dari penderitaan, semoga semua makhluk dapat mempertahankan kebahagiaannya sendiri tersebut )

    http://ratnakumara.wordpress.com/2009/03/03/tanda-tanda-pencerahan/

  4. ko2

    Salam,
    Kepada mas baru melek dari neraka dan mas ko2:

    1. ada belalang berjarak 100 cm dari makanannya, belalang tersebut mencapai makanan dengan cara meloncat separo dari jarak tempat berada, pertama ia meloncat 50 cm, kemudian meloncat 25 cm, terus 12,5 cm dst. Kapan belalang tsb sampai ditempat sasaran (makanan)?
    ———-
    wah mas …. kalau secara matematis tidak akan pernah sampe deh, tapi bila kita percaya (manusia pasti berakal, cipta, rasa dan karsa, tidak seperti belalang) …. maka akan sampai juga.
    ——

    2. ada dua orang yang satu di semarang satunya lagi di jogja, keduanya ingin bertemu dengan cara berjalan kaki menyisir jalan raya semarang jogja. Dimanakah keduanya bertemu?
    ———-
    hehehe … jawabannya banyak deh, tapi intinya harus punya niat dan tekad, dan yang pasti harus tahu jalannya dulu.
    tidak akan ketemu kalo kita hanya janjian tapi tidak pernah “dilakoni”, dalam arti jangan hanya bicara ajah, jangan hanya punya karep aja, jangan cu-mi doang …. hehehe

    ternyata panjenengan memberikan pelajaran yang sangat berharga secara halus (khas piyantun jawi) ….., inggih matur suwun mas, sudah diingatkan.
    ——–

    mas bbd neraka :
    Hukum einstein mengatakan..jika anda bisa bergerak secepat cahaya..maka anda akan menembus masa lalu ato masa lampau…bukankah ini sesuatu yg ndak berhingga? Tahukah kecepatan cahaya berapa ?
    ———-
    inggih kula percoyo …. bila suatu benda bisa secepat cahaya, maka benda itu akan menjadi cahaya, (mustahil benda itu masih berujud padat maupun cair), maka kesimpulanku (pribadi) berarti kita sudah menjadi cahaya, roh, sudah lepas dari badan/tanah, makanya roh itu bisa kemanapun dalam sekejap karena tidak dibatasi ruang … tinggal tergantung kepercayaan kita apa.
    berarti yang percaya adanya masa lampau adalah penganut kepercayaan reinkarnasi ya …???😀 (dan saya termasuk salah satunya yang percaya akan reinkarnasi).

    dari tanah kembali ke tanah … tapi rohnya pasti bukan dari tanah. roh tersebut dari … roh ilapi … nur yang menghidupi alam semesta ini …
    seperti air …. akan selalu menjadi air didaur ulang oleh alam, dimurnikan kembali menjadi air minum … air gunung — melalui sungai — ke laut (asin) — menguap — jadi awan — turun hujan — jadi air gunung lagi. suatu sirkulasi yang sempurna.

    apakah roh juga seperti air ???? …. walhualam.

  5. wira jaka

    Hukum einstein mengatakan..jika anda bisa bergerak secepat cahaya..maka anda akan menembus masa lalu ato masa lampau…bukankah ini sesuatu yg ndak berhingga? Tahukah kecepatan cahaya berapa ?
    ————
    @ mbah einstain
    mo nanya nih … rumus malaikat (cahaya) itu gimana ya ???
    apa bisa dibikin kloning nya ???

  6. La Vie N rose

    Mas endang skrg idnya ditambah nama ASMORO boss???.wakakaka…..

  7. La Vie N rose

    ogut cuma komentar pake id yang “hihihi” kok……….soal temugelang itu,magelang dan tidar “titi kawedhar”.
    kalo yg soal itung2ngan itu ga ikutan………..wong aku paling ga suka “angka” sama matematik……….paling bego dulu di sekolah hehehe
    ……….ga bakat mikir2 aoal begitu………..apalagi kaya si kafir merdeka tuh,paling males gua mah sibuk nyari2 info yg kaya gituan.

    mulai skrg aku mau pake id,yg tetep aja deh,biar ga jadi prasangka yah…..idnya : ” La Vie En Rose”

  8. Crying freeman

    Orang-orang lama emang tak benar2 meninggalkan blog ini, gue salut ma joklan, dateng2 penuh kejutan.
    Tak jauh dg kehidupan keras yg dilaluinya, berusaha mencari pembebasan pikiran terhadap yang disebut pemujaan, terserah orang mo bilang apa.. Wakakaka… 👿

  9. Sejatine ora ono wong kafir kejaba sing ngafirke merga gawan bayine anak adam iku mangerteni anane Gusti Kang Murba Wisesa sakabehing dumadi.
    Rasah watir yen ana sing ngafirke awake dewe jalaran nggiligodaning setan ana ing sirah, dadi yen pikir durung temu rasa bakal ora tentrem lan tansah brangasan.

Comment navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: