Mengenang Sang Guru 5 Tahun

24 Februari 2002 – 24 Februari 2007
Mari kita merenungkan apa yang telah diajarkan Kyai Ganjel pada kita semua setelah 5 tahun tidak bersama Kita Semua:
1. Apa Yang Telah Kita dapat dariNya
2. Apa Yang telah Kita Kembangkan dalam 5 tahun Ini
3. Apa Yang telah kita Sumbangkan pada Sesama Kita

Renungan kita bisa lakukan secara serentak dengan Meditasi pada tanggal 24 Februari 2007 Pukul 22:00 Wib, ditempat masing-masing, dalam kurun waktu 15 Menit – 1 Jam.

Yang Mau Mampir Padepokan tanggal 24 Februari 2007 Datang Pukul 19:00 Wib

Categories: Renungan | 3 Komentar

Navigasi pos

3 thoughts on “Mengenang Sang Guru 5 Tahun

  1. gondo arum

    Kalo mengenang Pak Joko jadi inget waktu masih kerja dirumah p’joko jd tukang bungkusin dupa… sy bisa tiap hari bertemu beliau.. banyak obrolan santai tp bermakna dr p’joko, beberapa sdh sy share buat para kadang di web ini… kadang suka jd ‘receiver’ kalo ada pesan datang buat beliau …sering jg ngobrol ngalor ngidul dn ketawa ketiwi sampe sakit perut …kadang2 juga suka bantuin ‘trawang’ kalo pas ada pasien…
    P’Joko ngaku ‘penglihatannya’ gak bagus.. tapi kalau mengartikan gambaran wah paling top…
    Pernah suatu pagi Pak Joko sakit.. wajahnya suram sekali tidak bersinar seperti biasanya…waktu itu beliau minta ditrawang gambaran .. tyt beliau sakit karena ulah/kenakalan kita murid2nya .. pulang dari padepokan sy mikir sndiri sedih banget.. ibarat tubuh kl ada anggota tubuh yg sakit, semua jadi ikut sakit…
    tapi besok paginya sy liat beliau udah cerah lagi .. udah ketawa2 lagi spt biasa sambil makan kue gemblong yang hari itu sy bawa buat beliau … tau nggak kalo makan gemblong beliau suka habis dua biji.. doyan banget.. makannya suka sampe bunyi mendecit soale udh ompong he he … (maap Pak…)

    Itulah hari hari dimana sy bisa liat kehidupan apa adanya dr P’Joko …manusiawi banget semua dibawa santai .. dan itu juga yang bikin sy msh bertahan di Gantharwa… bukan sesuatu yang muluk2 tapi karena sy pingin jadi “ordinary people’ kyk pak Joko …keliatannya biasa2 aja tapi dibalik itu ada sosok pribadi yang sempurna ..keren gak tuh ???

  2. seorang pencari sejati

    Kyai ganjel tlah menganjel apa yg ganjel dlm diri.Bila direnungkan lebih dalam dari makna ganjel adalah mengajak berdiam diri,mengajak membuka setiap lapisan2 kesadaran dlm diri,membuka pintu yg selama ini digembok dgn kunci yg tlah diberikan…kita ibarat seperti kendaraan motor,apapun itu mobilkah,sepeda motorkah,spedakah,jalan kakikah…kendaraan itulah pakaiann kita.Suatau ketika mobil ini berlari kencang,sambil melirik kekanan-kekiri..dalam perjalanannya dia meliat begitu banyak kendaraan yg berhenti,ada yg bannya bocor,ada yg kempes,ada mesin yg rusak.Kendaraan ini berlaju kencang..suatu ketika di tikungan jalan kendaraan ini terjungkir hanya karna “sebuah batu kecil di tikungan jalan”.Kendaraan ini terpelanting jauh dari jalan dan PARAH!!. Dia memaki-maki batu yg membuatnya terpeleset…lalu dia memperbaiki kerusakan2 yg ada.Begitu lama dia memperbaiki kendaraannya…sampai akhirnya dia bangun dan berjalan lagi.Itulah ganjel…masing2 kadang berbeda jenis ganjelnya,ada berupa batu,kayu,bahkan mungkin paku yg disebarkan di jalan..tujuannya adalah berdiam sejenak dari perjalanan dan meliat apa yg akan dijalankan…”MANUNGGAL GUSTI ALLAH”…

  3. Fitrya Rahadianti

    Dari Pelajaran awal sampai akhir yang telah diajarkan oleh Kyai Ganjel adalah suatu rangkaian yang lengkap, aku merasa beruntung bisa mengenal sosok Kyai Ganjel. Terima Kasih Bapak! Merenungkan tentang beliau membuat aku makin bersyukur, tentang kebersamaan aku dengan Beliau dan juga pelajaran yang di beri. Saya yakin akan Selalu bisa Manunggal dalam Karso, Karyo, Roso dengan bapak, dan cita-cita kemanunggalan dengan Gusti Allah senantiasa terwujud.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s