KETIKA GURU MENGAJARKAN RAJA YOGA

KETIKA GURU MENGAJARKAN RAJA YOGA
(Kedisiplinan Fisik Mencerminkan Kedisiplinan Roh Bag. 2)

Oleh: Nata Warga

Disiplin Raja YogaPenantian yang panjang, karena merasa belum puas dengan jawaban Guru untuk bagaimana Meditasi yang baik dengan menunjukan kedisiplinan fisik yang tinggi. Dengan berusaha selalu dekat dan mepet-mepet guru, dengan segala macam pancingan pertanyaan, agar guru mau menjawab pertanyaan yang bagaiman mencapai Meditasi dalam puncaknya. Soal kesaktian guru,  sering saya alami selama kurun waktu hampir 3 tahun selalu bersama-sama, tiap hari mampir dipadepokan, ada saja hal baru yang di obrolin, ditunjukan.

Sampai pada akhirnya, saya harus melakukan perjalanan panjang dan harus pisah dengan guru dalam jarak tempat. Guru dengan kata-katanya memberikan berbagai petunjuk. Salah satunya hal kecil adalah menunjukan bagaimana rahasia Kundalini, Yoga, Meditasi. Beliau hanya berpesan; ”jangan merasa hebat kalau kamu sudah bisa menguasai, karena ini tidak ada hubungannya kesucian. Tapi ini adalah ”salah satu”, (beliau tegaskan lagi) ”salah satu”, bukan satu-satunya yang menuntun kita menjadi suci, dan bisa ditegaskan bahwa, mas bisa lakukan bukan berarti mas suci, namun mas ada kesempatan dituntun untuk menjadi suci.”

Setelah dijelaskan seabrek dan pengalaman bagaimana kundalini guru dulu bangkit dengan memakai fasilitas, akhirnya diberikan juga seabrek (brek) buku, salah satunya buku mengenai Yoga Kundalini yang udah usang. Ini dipinjamkan, dan saya minta izin photo copy.

Dari sisa-sisa hari saya bersama guru, diajarkan lagi banyak hal. Salah satunya kembali lagi mengali tentang kedisiplinan fisik. Dimana di ungkapkan bahwa Kundalini dan Yoga diciptakan agar manusia menjadi disiplin fisik sehingga Roh akan disiplin juga. Maka kalau mau meditasi maka adalah lebih baik disiplin atau sama sekali tidak usah melakukan apa-apa.

Maka dengan bimbingan guru yang sebentar (walaupun secara dalam akhirnya dibimbing terus) akhirnya bisa juga saya melakukan Raja Yoga. Ada suatu sensasi yang sangat luar biasa, dan yang jelas adalah menjadikan kita bisa berkomnikasi dengan KALIMASADA atau sederhananya ”SEDULUR PAPAT KALIMA PANCER”.

”Kembali ditegaskan ini bukan berarti setiap orang harus melakukan hal yang sama, yaitu dengan Yoga. Masih banyak cara lain yang telah semua diajarkan pada setiap anggota Keluarga Gantharwa, biarlah yang mengerti mengertilah, kalau bisa ambil salah satu sample saja, maka akan menuntun kita kepada cita-cita luhur Jawa”, pesan guru lagi.

Itulah kenapa tulisan ini dibuat, bukan menitik beratkan Raja Yoga-nya tapi pesan kediplinan melakukan ajaran guru.

Iya.. Mari kita buka deh kembali pelajaran-pelajaran kita, dan kita jalankan dengan disiplin.

Categories: Renungan | 5 Komentar

Navigasi pos

5 thoughts on “KETIKA GURU MENGAJARKAN RAJA YOGA

  1. What is the best yoga teacher training video? I don’t mind paying small fee.

  2. Nata Warga

    Salam Mas Parehan…
    Boleh mas.. kapan-kapan ketemu kita bisa belajar sama-sama, silahkan daftar saja di halaman belajar, nanti bisa di bimbing oleh mentor yang ada,..

    Salam Sejati

  3. parehan

    wachhh…saya pernach mempelajari raja yoga…
    tapi hanya luarnya saja, saya hanya mengetahui beberapa ddisiplin yoga kundalini dari buku2x….
    namun katanya, harus ada guru yang membuka mantra kundalini kita, sehingga pelatihan yoga kundalini dpt berjln cepat & benar…

    mungkin mas nata bisa memberikan bimbingan kepada saya….

    trimakasih sebelumnya…

  4. aan

    Saya sudah lama mempraktekkan meditasi dengan raja yoga dan saya mempraktekannya setiap hari pada waktu subuh setelah saya melakukan taichi. Yang saya rasakan setiap kali saya melakukan Raja Yoga saya merasa tubuh saya begitu ringan. Saya berlatih tanpa bimbingan seorang guru. saya berlatih berdasarkan buku dan pengalaman. Saya tidak pernah tahu yang namanya kundalini itu apa, yang saya rasakan pada saat melakukan raja yoga adanya getaran getaran dan saya melakukan hanya untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan jiwa. Setiap melakukan raja yoga saya kombinasikan dengan pernapasan halus dengan hitungan : hirup, tahan, buang, tahan (1xputaran). 1 menit 2xputaran. Biasanya saya melakukannya selama 15 menit, tapi kalau pada saat melakukan kondisi tubuh, pernapasan, posisi dan konsentrasi benar benar dalam keadaan full meditasi tanpa saya sadari saya melakukannya sampai 1/2 atau 1 jam. Selama ini saya tidak merasakan efek negatif. Yoga memang luar biasa. Sudah lama saya mempraktekkan tanpa seorang guru.

  5. oskar

    wah…ternyata harus dispilin fisik ya kalo mau roh nya disiplin…
    kirain hanya dengan meditasi saja roh bisa disiplin..ternyata ngga…harus fisiknya juga….tau deh rahasianya sekarang…heheheheh
    thanks mas.,.

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

